Selasa, 24 Maret 2015

Cara Berbisnis Memerlukan Perencanaan, Pengorganisasian Dan Pengendalian


Semua yang kita lakukan tentu ada cara atau langkah yang diperlukan. Hal ini juga berlaku terkait dengan bisnis. Tanpa ada cara yang diperlukan tentu sesuatu tak akan bisa dicapai. Nah, pertanyaanya adalah apa yang dibutuhkan terkait dengan cara berbisnis? Tentu banyak hal namun secara umum ada tiga hal yang diperlukan yaitu perencanaan, pengorganisasian serta pengontrolan. Ketiga hal tersebut adalah elemen dasar dari sebuah manajemen. Berikut ini akan dibahas satu per satu terkait dengan elemen dasar manajemen dari perencanaan sampai pengendalian.

Perencanaan tentu diperlukan sebagai cara berbisnis karena dengannya semua bisa berjalan lebih terarah. Biasanya perncanaan sebuah bisnis meliputi semua divisi yang ada, dari rencana kerja sampai membuat scheduling penjualan. Penting untuk menuangkan rencana dalam catatan tertulis agar perusahaan bisa selalu memiliki panduan. Selain perencanaan, pengorganisasian juga merupakan hal penting. Contoh pengorganisasian adalah membuat job deskipsi. Sangat penting untuk melakukan pengorganisasian kerena hal ini berhubungan dengan pengoptimalan sumber daya perusahaan.

Hal yang sering tak bisa dihindari bila terkait dengan cara berbisnis adalah melakukan pengendalian. Apa yang direncanakan sangat mungkin berbeda dengan apa yang ada dilapangan. Nah, peran pengendalian adalah untuk memastikan segala perbedaan yang ada bisa diperbaiki di masa yang akan datang sehingga tujuan perusahaan untuk mendapat keuntungan maksimal bisa dicapai.