Semua yang kita lakukan tentu ada cara atau langkah
yang diperlukan. Hal ini juga berlaku terkait dengan bisnis. Tanpa ada cara
yang diperlukan tentu sesuatu tak akan bisa dicapai. Nah, pertanyaanya adalah
apa yang dibutuhkan terkait dengan cara
berbisnis? Tentu banyak hal namun secara umum ada tiga
hal yang diperlukan yaitu perencanaan, pengorganisasian serta pengontrolan.
Ketiga hal tersebut adalah elemen dasar dari sebuah manajemen. Berikut ini akan
dibahas satu per satu terkait dengan elemen dasar manajemen dari perencanaan
sampai pengendalian.
Perencanaan tentu diperlukan sebagai cara berbisnis karena
dengannya semua bisa berjalan lebih terarah. Biasanya perncanaan sebuah bisnis
meliputi semua divisi yang ada, dari rencana kerja sampai membuat scheduling
penjualan. Penting untuk menuangkan rencana dalam catatan tertulis agar
perusahaan bisa selalu memiliki panduan. Selain perencanaan, pengorganisasian
juga merupakan hal penting. Contoh pengorganisasian adalah membuat job
deskipsi. Sangat penting untuk melakukan pengorganisasian kerena hal ini
berhubungan dengan pengoptimalan sumber daya perusahaan.
Hal yang sering tak bisa dihindari bila terkait dengan
cara berbisnis adalah melakukan pengendalian. Apa yang direncanakan sangat mungkin
berbeda dengan apa yang ada dilapangan. Nah, peran pengendalian adalah untuk
memastikan segala perbedaan yang ada bisa diperbaiki di masa yang akan datang
sehingga tujuan perusahaan untuk mendapat keuntungan maksimal bisa dicapai.